PENGERTIAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Diajukan untuk mengikuti mata kuliah Pengantar IlmuAdministrasi Negara
Dosen :YantoHeryanto, S.Sos., M.Si
Apryanto Kasaefulloh{117090007}
Kelas: 1 A
PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON
2018
BAB II PENGERTIAN ADMINISTRASI
Pengertian administrasi
Definisi Administrasi
Menurut rumusan Ordway Tead dalam bukunya “The Art of Administration” administrasi meliputi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh pejabat-pejabat eksekutif dalam setiap organisasi yang bertugas mengatur,memajukan dan melengkapi usaha kerjasama sekumpulan orang yang sengaja dihimpun untuk mencapai tujuan tertentu.
Leonard D. White dalam bukunya “Introduction To The Study Of Public Administration” dirumuskan sebagai kegiatan sekelompok orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Dr. Sondang P. Siagian dalam bukunya “Filsafat Administrasi”.Administrasi sebagai keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Drs. The Liang Gie dalam bukunya “Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi” Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.Definisi ini diperbaharui menjadi : Administrasi adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan-pekerjaan induk dan sumber-sumber kegiatan lainnya yang bermaksud mencapai tujuan apapun dalam usaha kerjasama dari sekelompok orang.
William H. Newman
Dalam buku “Administratif Action” mengembangkan bahwa administrasi adalah sebagai bimbingan kepemimpinan dan pengawasan terhadap tercapainya tujuan bersama.
Administrasi Dalam Arti Sempit
Yaitu yang berasal dari kata “Administratie”(bahasa Belanda) yang meliputi kegiatan mencatat,surat menyurat,pembukuan ringan,ketik mengetik agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan (Clarical Work) jadi tata usaha adalah bagian kecil kegiatan daripada administrasi yang akan dipelajari.
Administrasi Sebagai Ilmu dan Seni
Sebagai bukti bahwa administrasi sebagai ilmu adalah sebagai berikut:
Penelaahan Administrasi sebagai suatu ilmu,karena administrasi dapat ikaji secara ilmiah,dimana administrasi memiliki 8(delapan) unsur dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang melakuakn kerjasama untuk mencapai tujuan.
Pengetahuan pada dasarnya suatu yang diketahui.Suatu ilmu apapun senantiasa membahas pokok permasalahan tertentu,baik yang berupa ide abstraks,benda/fisik ataupun gelaja kemasyarakatan.karena setiap bagian alam atau kegiatan maupun pengalaman manusia telah menjadi pokok persoalan/bahasan dari suatu ilmu.oleh karena itu pokok persoalan dalam administrasi termasuk salah satu gejala kemasyarakatan dimana dari waktu ke waktu selalu terjadi sepanjang ada orang-orang/kelompok orang yang ingin mencapai tujuan bersama.
Pokok persoalan tidak cukup memadai untuk nmenjelaskan bahwa pengetahuan itu sebagai ilmu,maka perlu adanya sesuatu hal atau segi lain yang kita namakan titik pusat perhatian.Titik perhatian dalam administrasi adalah “Penataan” untuk mencapai “efisiensi” yang artinya menggambarkan adanya perbandingan terbaik antara usaha dengan hasil kerja yang dicapai oleh usaha itu.
Dengan demikian maka pengetahuandikatakan suatu ilmu apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
Empiris
Pengetahuan yang diperoleh hanya berdasarkan pengamatan dan percobaan-percobaan.
Sistematis
bahwa berbagai keterangan dan data yang tersusun sebagai kumpulan pengetahun yang mempunyai hubungan ketergantungan yang terikat oleh azas tata tertib tertentu diantara bagian-bagiannya.
Obyektif
Artinya bahwa pengetahuan itu bebas dari prasangka perseorangan dan kesukaan pribadi.obyektifitas ilmu memasyarakatkan bahwa kumpulan ilmu pengetahuan itu harus sesuai dengan obyeknya dan tidak boleh dipengaruhi oleh keinginan si penelaahnya.
Analitis
Berarti bahwa pengetahuan ilmiah itu berusaha membedakan-bedakan pokok persoalannya kedalam bagian-bagian yang terperinci untuk memahami berbagai sifat,hubungan dan peranan dari bagian=bagian itu.
Dapat diperiksa kebenarannya
Ciri terakhir dari ilmu ini dapat kita ikuti pendapat George Simpson yang menyatakan bahwa : Ilmu adalah pengetahuan yang telah diperiksa kebenarannya,yaitu pengetahuan yang dapat dipelajari dan diajarkan dan disampaikan kepada orang lain.Ilmu snantiasa mengarah pada tercapainya kebenaran.
Administrasi & Manajement
Hingga terjadi pedebatan tentang apakah administrasi lebih luas dari Manajement atau sebaliknya dan perdebatan tersebut diperkirakan akan terus berlangsung dimasa yang akan datang.
Dalam perdebatan tersebut ada 3(tiga) kelompok:
Yang berpendapat bahwa administrasi lebih luas daripada Manajement merupakan bagian dan bahkan menjadi ciri administrasi.
Mereka yang berpendapat bahwa management lebih luas dari Administrasi .Sesungguhnya pendapat ini dapat dibenarkan.Hanya apabila administrasi diartikan secara sempit yang hanya mencakup kegiatan-kegiatan ketatausahaan,korespondensi,kearsipan dan sejenisnya.
Mereka yang berpendapat bahwa Administrasi dan Manajement merupakan sinonim dan karena itu penggunaannya dapat silih berganti tanpa kehilangan maknanya.
Pokok-Pokok Pikiran Dalam Administrasi
Pokok-Pokok Pikiran Dalam Administrasi,tentunya kita kembali kepada kesimpulan pengertian administrasi sebagai kegiatan penataan untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau ditentukan sebelumnya.
Sehingga dengan kesimpulan pengertian pokok pikirn yang terkandung dalam batasan pengertian administrasi,yaitu antara lain :
Administrasi merupakan “Kegiatan Penataan”
Kegiatan penataan itu dilakukan oleh “Kelompok Orang”
Administrasi merupakan “Usaha Kerjasama” dari kelompok
Usaha Kerjasama itu “Mempunyai tujuan yang ingin dicapai”
Ad. 1.Rangkaian Kegiatan Penataan
Rangkaian kegiatan penataan ini merupakan suatu ciri yang membedakan kegiatan administrasi dengan kegiatan lainnya yang juga dilakukan sekelompok orang atau dapat dikatakan bahwa rangkaian kegiatan penataan ini terdiri dari beberapa kegiatan penataan terdiri dari beberapa kegiatan lainnya yang juga dilakukan sekelompok orang atau dapat dikatakan bahwa rangkaian kegiatan pentaan ini terdiri dari beberapa kegiatan penataan.Dan ini berarti bahwa kegiatan penataan terdiri dari banyak kegiatan.wujud kegiatan penataan itu yaitu berupa :
Merencanakan kegiatan-kegiatan yang perlu dikerjakan.
Menyusun dan membagi-bagi pekerjaan.
Menyiapkan dan menyelaraskan kegiatan-kegiatan secara harmonis dan mengendalikan,berikut menyempurnakan kerja dalam kelompok untuk mencaoai tujuan.
Menetapkan hubungan kerjasama hierarchis.
Ad. 2. Kelompok Orang
Yang dimaksud dengan kelompok orang dalam administrasi ialah kumpulan orang-orang yang batas jumlahnya paling sedikit 2 orang dan paling banyak tidak terbatas.Prose administrasi baru terjadi kalau yang melaksanakan kelompok orang .jadi kalau ada dua orang manusia atau lebih bersepakat bekerja sama dalam suatu ikatan formal untuk mencapai suatu tujuan bersama,maka disini sudah timbu administrasi.
Manusia menjadi unsur terpenting dalam administrasi dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya,karena manusia mempunyai pikiran dan perasaan sebagai makhluk terkemuka dibumi ini,dan semakin lama semakin cerdas.
Ad. 3. Usaha Kerjasama
Yang dimaksud usaha kerjasama diantara sekelompok orang dalam administrasi ialah suatu usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu.Kerjasama diantara kelompok orang tersebut dalam rangka mencapai tujuan bersama,ada kalanya bersifat sukarela (Voluntary Cooperative) dan ada kalanya dipaksakan (Compulsory atau antagonistis Cooperation).Memang kadangkala kerjasama dalam suatu sistem administrasi yang dilakukan atas dasar paksaan dan atas dasar perintah semata-mata berjalan lebih efektif dan efisien,apalagi kalau disertai dengan suatu wahana atau mekanisme pengawasan yang efektif pula.
Ad.4 Tujuan Tertentu
Yang dimaksud dengan tujuan dalam administrasi ialah kebutuhan,baik jasmani maupun rohani yang diperjuangkan dengan perbuatan-perbuatan nyata agar dapat dipenuhi kebutuhan rohani antara lain misalnya pemberian jasa,pendidikan,pengajaran dsb.
Tujuan dalam usaha kerjasama sekelompok orang ini yang menentukan atau yang terlihat menentukan antara lain :
Semua orang yang terlibat dalam usaha kerjasama itu atau dengan kata lain semua pegawai atau anggota organisasi.Hal ini bisa dilakukan di dalam organisasi yang masih sederhana dan yang terdiri dari beberapa orang saja.
Hanya sebagian saja dari orang-orang yang terlihat dalam usaha kerjasama tersebut Misalnya organisasi yang telah besar.Maka tidak seluruh anggota atau pegawai organisasi tersebut dapat menentukan tujuan organisasi,melainkan sebagian dari membuat dan menetapkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Dengan melihat tantang pokok-pokok pikiran yang terkandung di dalam administrasi,maka jelaslah bahwa administrasi tidak hanya sekitar pekerjaan membuat,mengirim dan menyimpan surat-surat saja tetapi lebih dari itu,meliputi segenap proses penyelenggaraan,penataan,penyusunan.Pekerjaan-pekerjaan pokok suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu.
Drs. The Liang Gie dalam bukunya “Pengertian Administrasi di Indonesia “ bahwa pengertian administrasi di indonesia dapat dibedakan atas tiga jenis yang paling menonjol yaitu antara lain :
Administrasi diartikan sebagai suatu proses atau kegiatan
Administrasi diartikan sebagai kegiatan tata usaha
Administrasi diartikan sebagai administrais Negara atau pemerintahan.
Diamerika Serikat istilah administrasi sebagian besar diartikan sebagai suatu proses semacam ini diartikan ke dalam kegiatan Negara atau pemerintahan,maka itulah sebgaia administrasi Negara atau pemerintahan.Dalam hal ini Prof. Dr. Mr. Prajudi Atmosudirdjo,membedakan administrasi dari tiga sudut bahasan,yaitu :
Administrasi sebagai suatu proses
Asministrasi kepranataan/institusional
Administrasi dalam arti funsional
Sebagai suatu proses,administrasi berarti keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan,pemikiran-pemikiran,pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan tujuan hingga pencapaian tujuan.
Sebagai instutusional administrasi adalah keseluruhan atau kelompok orang yang sebagai satu kesatuan menjalankan proses kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.
BAB III UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI
Unsur-Unsur Administrasi
Bahwasanya unsur-unsur administrasi itu berbeda dengan faktor dalam hubungannya dengan administrasi.Adapun unsur adalah bagian dari sesuatu kebulatan.Tidak adanya unsur bukan berarti sesuatu kejadian atau sesuatu akibat itu tidak ada.Akibat atau kejadian itu ada namun tidak sempurna.
Untuk lebih jelasnya perbedaan keduanya dapat kita ambil contoh sebagai berikut :
Benang,kain dan tukang jahit.Tidak ada tiga-tiganya kalau salah satu diantaranya,maka tidak ada baju.Sedangkan unsur-unsur baju antara lain,saku,kerah,lengan,kancing,dll.Hilang salah satu diantaranya,maka tetaplah ada baju,hanya saja baju tersebut kurang sempurna.
Maka faktor penyebab terjadinya administrasi seperti telah di uraikan dimuka yang mengandung empat pokok pikiran,yaitu:
Sekelompok orang
Usaha kerjasama
Proses penataan atau penyelenggaraan dan
Tujuan tertentu
Adapun mengenai unsur-unsur administrasi yang merupakan konsepsi Badan Pembinaan Administrasi (BPA) terdiri dari 8 (delapan) unsur,yaitu:
Organisasi
Manajement
Komunikais
Kepegawaian
Keuangan
Perbekalan
Tata usaha
Perwakilan atau Hubungan Masyarakat
Ad. 1. Organisasi
Organisasi sebagai salah satu unsur dministrais yang menunjukkan adanya suatu proses,penataan,pengaturan,penyusunan,pembagian kerja dari usaha kerjasama memang lebih tepat disebut pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian ini adalah rangkaian kegiatan atau aktivitas yang meliputi :
Penyusunan bentuk daripada usaha kerjasama
Menggolong-golongkan tindakan yang harus dijalankan,dalam bentuk kesatuan-kesatuan kerja tertentu
Menentukan tugas pekerjaan orang=orang yang tergabung dalam usaha kerjasama tersebut.
Membagi=bagikan wewenang masing-masing pelaksana.
Menentukan jalinan hubungan kerja diantara mereka serta seluruh perintah dan tanggung jawab.
Ad. 2. Management
Unsur kedua administrasi ini mempunyai pengertian sebagai aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas yang dipunyai o;eh sekelompok orang yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Aktivitas semacam ini sama dengan kegiatan usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan dengn perincian tugas memimpin,yaitu antara lain :
Kegiatan perencanaan
Membuat keputusan terhadap maslaah-masalah yang timbul
Membimbing para bawahan
Mengkoordinasikan satuan-satuan pekerjaan dan pelaksanaan kerja
Mengandalkan pelaksanaan kerjasama yang dilakukan dan
Melakukan penyempurnaan baik bentuk organisasi maupun tata kerja usaha kerjasama tersebut.
Ad. 3. Komunikasi
Komunkasi menurut pendapat charles Redfield di dalam bukunya “Communication Management” diartikan sebagai suatu proses penyempaian berita dari sumber berita suatu tujuan tertentu.
Pengertian semacam ini menunjukan komunikasi itu dapat diterapkan hamper pada segi aktivitas kehidupan manusia.Dan kalau dikaitkan dengan administrasi sebagai unsurnya,maka komunikasi ialah “Suatu prose penyampaian berit dari sumber berita ke penerima”.Jadi komunikasi administrasi adalah suatu kegiatan yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Ada berita atau warta (ide,pemikiran,informasi)
Ada sumber berita
Terjadi dalam setiap usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Ad. 4. Kepegawaian
Unsur ini merupakan suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia,dengan perincian kegiatannya meliputi :
Sejak mulai penerimaan,penempatan
Pembimbingan,peningkatan sampai dengan pemberhentian atau pensiun atau tidak pensiun.Perincian kegiatan ini dapat dikatakan sebagai kegiatan kepegawaian.
Ad.5. Keuangan
Keuangan merupakan unsur yang dapat membantu tercapainya sesuatu tujuan,karena tanpa uang hamper dikatakan tidak dapat tercapainya suatu tujuan yang tentunya disini dititik beratkan masalah pengelolaannya.
Ad. 6. Perbekalan
Perbekaln/peralatan/logistic adalah merupakan kegiatan yang mengurus tantang barang-barang perbekalan yang dapat membantu terlaksananya sesuatu kegiatan dari kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.proses mengurus barang-barang dimulai kebutuhan barang-barang,pengadaan dan penyediaan barang,pemakaian dan pemeliharaan barang sampai dengan penghapusan disebut administrasi perbekalan/logistik.
Ad. 7. Tata Usaha
Unsur ini bersasaran pada bahan-bahan keterangan yang diperlukan oleh organisasi.Penataan/pengaturan bahan keteranagn mulai dari saat menghimpun,mencatat bahan-bahan keterangansampai dengan mengolah mengirim dan menyimpan keterangan.
Ad. 8. Perwakilan atau Hubungan Masyarakat
Merupakan suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan,baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya.Hubungan yang baik antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya.Karena hakekat suatu organisasi itupun seperti manusia hidup,tidak bisa hidup sendirian membutuhkan kerjasama dengan pihak lain.
B.Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan berpengaruh dan ikut menentukan apakah suatu administrasi akan berhasil mencapai tujuannya atau tidak.Faktor-faktor lingkungan yang harus diperhatikan tersebut antara lain :
Falsafah Negara
Sistem Politik yang dianut oleh Negara yang bersangkutan
Tingkat pembangunan ekonomi yang telah dicapai
Tingkat Pendidikan Rakyat
Bahasa
Agama
Letak(Geografis)
Struktur Masyarakat
Falsafah Negara
Falsafah Negara merupakan tali pengikat bagi seluruh warga negara untuk bertindak karenanya administrasipun dalam membina falsafah administrasi harus menyelaraskan dengan falsafah negara.Artinya falsafah Administrasi harus merupakan Falsafah Negara yang diterapkan dalam bidang administrasi.
Sistem Politik yang dianut oleh Negara yang bersangkutan
Karena administrasi merupakan proses lanjutan daripada politik,maka politik administrasi harus merupakan lanjutan Politik Negara.Administrasi Negara misalnya,tidak ada netralitas politik,karena politiknya harus seirama dengan politik Negara.Demikian pula kegiatan bidang keniagaan harus seirama/didasarkan kepada Politik Perekonomian Negara.
Tingkat pembangunan ekonomi yang telah dicapai
Tingkat taraf kehidupan rakyat akan sangat menentukan apa yang mereka dapat kerjakan,apa sifat disiplin kerja yang hendak dilaksanakan,system prioritas apa yang harus ditaati.
Tingkat Pendidikan Rakyat
Tingkat pendidikan rakyat yang telah dicapai oleh rakyat sebagai faktor ekologis berarti bahwa dalam proses komunikasi dalam administrasi dan management harus diperhatikan gaya bahasa yang dipergunakan,cara menyampaikan berita,instruksi.Kalau tidak,maka besar kemungkinan proses komunikasi ini tidak akan berjalan dengan baik.
Bahasa
Disamping bahasa sebagai alat komunikasi,juga sebagai tali pengikat dalam usaha membina kesatuan,dan persatuan.Secara administrasi bahasa merupakan alat yang sangat penting dalam menciptakan suatu “Frame of Reference” dalam bidang administrasi.
Agama
Salah satu faktor yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya ialah karena manusia itu mampu beragama.Kemampuan beragama itu mengakibatkan manusia mempunyai martabat yang tinggi.Karenanya dalam menggerakkan bawahan yang beragama perlu diperhatikan bahwa manusia adalah “Puncak Ciptaan Tuhan”
Letak Geografis
Cara menjalankan administrasi dan manajemen akan berbeda pada suatu Negara Kepulauan seperti Indonesia,apabila bila dibandingkan dengan suatu Negara daratan (India),dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor komunikasi dan transportasi.
Struktur Masyarakat
Proses administrasi dan management lebih mudah dijalankan dalam suatu masyarakat homogen dibandingkan dengan masyarakat yang heterogen.Maka struktur masyarakat sebagai faktor ekologis menentukan pula sifat dan ruang lingkup dari administrasi yang dapat dijalankan.
DAFTAR PUSTAKA
Drs. I Machmud., M.Si. 2009. Pengantar Ilmu Administrasi. Cirebon: Swagati Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar